Diterangkan oleh Syaikh Abdul Qadir Audah dalam al-Tasyri’ al-Jina’ومع ان العدالة شرط من شروط الامامة الا ان الرأي الراجح في المذاهب الاربعة ومذهب الشيعة الزيدية هو تحريم الخروج على الامام الفاسق الفاجر ولو كان الخروج للامر بالمعروف والنهي عن المنكر لان الخروج على الامام يؤدي عادة الى ماهو انكر مما فيه وبهذا يمتنع النهي عن المنكر لان مشروطه لايؤدي الانكار الى ماهو انكر من ذلك الى الفتن وسفك الدماء وبث الفساد واضطراب البلاد واضلال العباد وتوهين الامن وهدم النظام“Memang sikap adil merupakan salah satu syarat-syarat menjadi imam / pemimpin, hanya saja pendapat yang kuat dalam kalangan madzhab empat dan madzhab Syi’ah Zaidiyyah mengharamkan bertindak bughot/berontak terhadap imam yang fasik lagi curang walaupun bughot itu dengan dalih amar ma’ruf nahi munkar. Karena agar kepada imam biasanya akan mendatangkan suatu keadaan yang lebih munkar dari pada keadaan sekarang. Dan sebab alasan ini maka tidak diperbolehkan mencegah kemungkaran, karena persyaratan mencegah kemungkaran harus tidak mendatangkan fitnah, pembunuhan, meluasnya kerusakan, kekacauan negara, tersesatnya rakyat, lemah keamanan dan rusaknya stabilitas”.
Hukuman Bagi Bughot
1. Hukuman mati
Sebelum hukuman diluncurkan maka Islam memberi satu kesempatan pada tersangka, dengan bertaubat mengucapkan dua kalimat syahadat kembali serta berikrar bersungguh=sungguh bertaubat dan berikrar tidak akan meninggal ajaran Islam.
Jika tersangka tetap tidak menerima kesempata maka akan dijatuhkan hukuman mati pacung.
2. Hukuman Penjara
Di dalam masa pertaubatan maka tersangka diberi hukuman penjara hingga dia taubat sunguh-sungguh. bagi tersangka laki-laki di dalam penjara melakukan kerja rodi tetapi dicambuk juga.
3. Hukuman Pengambil Alihan Harta
Hak harta tersangka dipegang/ dihalalkan untuk dimiliki oleh pemerintah islam, kelompok organisasi islam, dan keluarga. Apabila tersangka mau bertaubat maka harta akan dikembalikan.
وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا فَإِنْ بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فَقَاتِلُوا الَّتِي تَبْغِي حَتَّى تَفِيءَ إِلَى أَمْرِ اللَّهِ ...
“Dan jika dua golongan dari orang-orang mukmin berperang, maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan itu berbuat aniaya (zalim) maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah ...” (QS Al-Hujurat [49]:9)
مَنْ حَمَلَ عَلَيْنَا السِّّلاحَ فَلَيْسَ مِنّاَ ( متفق عليه عن ابن عمر )
“Barangsiapa yang membawa senjata untuk memerangi kami, maka ia bukanlah golongan kami.” (Shahih Bukhari No. 6366, Shahih Muslim No. 143. Lihat Bab Qitaal Ahl Al-Baghi, Imam Ash-Shan’ani, Subulus Salam, III/257.
“Barangsiapa yang membawa senjata untuk memerangi kami, maka ia bukanlah golongan kami.” (Shahih Bukhari No. 6366, Shahih Muslim No. 143. Lihat Bab Qitaal Ahl Al-Baghi, Imam Ash-Shan’ani, Subulus Salam, III/257.












 
0 comments:
Post a Comment